Pages

Jumat, 22 Februari 2013

MENEMBUS PASAR GLOBAL DENGAN ADVERTENSI


Dalam menghadapi era globalisasi, pabrik gula akan mendapat tantangan yang sangat berat, sehingga mau tidak mau harus meningkatkan daya saing. Dari sudut pandang ekonomi arti globalisasi adalah pasar global atau pasar bebas dimana telah hilangnya hambatan dan persyaratan yang berdampak terjadinya peningkatan kinerja sumber daya manusia.
Dan tentu saja suka atau tidak suka, pabrik gula milik negara ini pun harus siap menghadapi terobosan dari produk gula asing. Untuk menghadapi perkembangan tersebut diperlukan suatu strategi yang jitu terutama dalam meningkatkan daya saing produk dan peningkatan kinerja sumber daya manusia, tentunya kita yakin mampu untuk bersaing.
Dari upaya yang sudah diterapkan PTPN 10 (Persero) bukan berarti tidak membuahkan hasil, tetapi peningkatan kinerja secara internal dan eksternal dengan mengevaluasi hasil dari program kerja yang sudah baik dan tertata di perusahaan akan membawa dampak positif untuk memotivasi pegawai/karyawan dalam mengembangkan dan menciptakan ide-ide baru yang mengarah pada keberhasilan perusahaan.joemayansen@yahoo.co.id
Dengan semangat dan kualitas sumber daya manusia yang ada, rasanya tidak berlebihan jika kita mengatakan pantas kalau pengakuan standart bertaraf internasional (ISO, HACCP, MBCfPE dll) diperoleh PTPN 10 (Persero).  Dalam kesempatan ini saya ingin menyumbangkan ide yang berupa strategi untuk menembus pasar global demi kesuksesan pabrik gula yang kita cintai.

Mari kita sama – sama mengupas dan mendalami strategi berikut : 

Strategi “MLM”
Kepanjangan dari strategi ini adalah Meningkatkan Lalu Mempertahankan,
dengan pengertian terus melakukan peningkatan hasil dan mempertahankan program kerja perusahaan yang sudah tertata.
Bukankah kata tersebut sangat tepat bagi perusahaan milik negara ini.

Beberapa program yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan:
Internal
Menjadikan prioritas utama untuk hasil dari pengelolaan bahan baku dilingkungan internal perusahaan yang meliputi pengembangan lahan, pengembangan pembibitan dengan metode bud chips, teknis pengolahan lahan yang efektif dan efisien.

Penanaman prinsip yang dikemas dalam bentuk budaya kebersihan dilingkungan produksi. Dalam hal ini bukan hanya pengelolaan terhadap limbah atau polusi, namun juga termasuk upaya-upaya kreatif untuk menghemat pemakaian energi, air dan bahan bakar.
Meningkatkan kualitas pelayanan di Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk, Kultur Jaringan, juga menciptakan varietas tebu yang unggul dengan Metode Persilangan Tanaman Tebu, sebagaimana kita ketahui bahwa fasilitas tersebut sudah dijalankan di Penelitian Gula – Jengkol.
Eksternal                                                                                                      
Menjamin dan menjaga keharmonisan kerjasama dengan petani yang sampai saat ini  memberikan hasil yang baik, terbukti melalui kesetiaan petani untuk tetap menjalin kerjasama dengan  pabrik gula PTPN 10 (Persero).

Strategi  Pemasaran  dalam  bentuk  Periklanan  (Advertensi)
Kali ini yang menjadi sasarannya adalah periklanan melalui media televisi.
Ada apa dengan periklanan melalui media televisi ......? Tujuan yang terkandung dalam iklan adalah dapat mempengaruhi kecenderungan untuk memilih. Dengan periklanan media televisi ada beberapa peran penting untuk menunjang keberhasilan perusahaan. Disadari atau tidak, iklan berpengaruh dengan cepat dan efektif mencapai tujuan atau sasaran yang dituju.
Menurut saya produk-produk yang dihasilkan oleh PTPN 10 (Persero) belum pernah terlihat di layar televisi, jika diperhatikan begitu banyak peran penting perusahaan yang layak untuk dipublikasikan kepada masyarakat.
Sekarang mari kita awali dengan menentukan jenis iklan apa yang sesuai, pastinya tidak meninggalkan perbandingan antara anggaran dana dan kebutuhan perusahaan. Ada beberapa jenis iklan, alangkah baiknya jika bukan hanya menjual saja tetapi iklan yang bisa mengangkat citra perusahaan.
Jenis iklan media televisi yang menarik adalah Iklan Citra Perusahaan 
(Corporate Image Advertising) dengan konsep penyampaian pesan yang  bermakna, dapat dipercaya dan khas.
Jenis iklan ini memiliki kekuatan dan tujuan yang bersifat kreatif dan modern,
Kekuatan :
Iklan media televisi mampu menjangkau masyarakat luas untuk menyampaikan pesan-pesan komersial. Selain itu terdapat kekuatan informasi  sebagai berikut :
Kontribusi perusahaan terhadap masyarakat
(Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial dengan masyarakat di lingkungan perusahaan).
Fungsi dari perusahaan
(Peran penting perusahaan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat  dalam hal ketenaga kerjaan).
Tujuan :
Membangun citra positif jangka panjang bagi perusahaan.
Memperkenalkan identitas perusahaan.
Membentuk opini publik yang baik.
Mengembangkan kepercayaan masyarakat.
Menaikan dan mendorong motivasi kerja pegawai/karyawan.

Didasari pertimbangan dan melihat kondisi kelemahan yang ada pada perusahaan, kedua strategi tersebut diatas tentunya tidak lepas dari beberapa faktor seperti :
Keuangan (Financial)
Pengendalian (Control)
Perencanaan (Planning)
Motivasi (Motivation)
Pelaksanaan (Execution)



Seandainya kedua strategi ini diterapkan terlebih untuk strategi pemasaran melalui media iklan televisi, dengan semangat kebersamaan dan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan, maka segala hambatan akan terpecahkan dan keberhasilan akan terwujud.
Melalui karya tulis ini akhirnya saya ingin menyimpulkan bahwa  “Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang besar, maka kita tidak boleh meremehkan hal yang kecil “.  PTPN 10 (Persero)....JAYA...dan  SUKSES...

Oleh : Juma Yohanes







 

2 komentar: